UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Senin, 20 Februari 2017

Diskusi Perdana KBMB Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) "Pendidikan Kaum Pinggiran"

Diskusi Perdana KBMB Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
 "Pendidikan Kaum Pinggiran"

KBMB....! Semakin Terdepan
Salam Intelektual  


     Minggu, 19-02-2017 telah diadakan diskusi perdana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Keluarga Besar Mahasiswa Bidikmisi dengan tema "Pendidikan Kaum Pinggiran" yang bertempat di belakang gedung rektorat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia, bahkan pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Mendapatkan pendidikan yang layak merupakan hak setiap individu. Akan tetapi berbeda dengan kaum pinggiran atau marginal, tiada asa bagi suara mereka, tiada asa bagi seruan memperbaiki nasib, tiada asa bagi pencerahan masa depan mereka. Bagi kaum marginal pendidikan merupakan hal yang "wah", bahkan dapat dikatakan pendidikan merupakan kebutuhan tersier. Sehingga hanya orang-orang elit yang dapat mengenyam pendidikan. Dan ada pula yang beranggapan bahwa pendidikan itu hanya sebatas kebutuhan sosial.
     Kondisi ini jika dibiarkan berlarut-larut akan berdampak pada menurunnya kualitas SDM, tingginya angka pengangguran, dan indeks kemajuan pendidikan semakin tertinggal dengan negara lain. Bahkan menjadi bom waktu yang sangat dahsyat untuk merusak sebdi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu peran pendidikan bagi kaum marginal sangat perlu diperhatikan, khususnya pemerintah. Namun saat ini pemerintah tidak tinggal diam. Program pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia masih terus digalakkan meskipun hasilnya belum maksimal sampai sekarang mengingat jangkauan wilayah negara ini yang sangat luas. 
     Itulah sedikit ulasan dari hasil diskusi kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Bagi mahasiswa KBMB dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan ditunggu kehadirannya di diskusi-diskusi selanjutnya ya.
Salam Inspirasi! 
(af)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent

Recent Posts

Total Pengunjung

Kritik dn Saran

Nama

Email *

Pesan *