UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Senin, 09 Oktober 2017

SAMUDRA (cipta: Alifia Rahmawati Ramadhani/Biologi 2015 )


Berada di tempat yang tak kau inginkan bukanlah hal yang buruk. Ya, aku hanya perlu percaya itu dan semua akan baik-baik saja. Baik-baik saja seperti saat matahari terbit dari timur-pertanda ini belum berakhir-.
            Kalau tidak demi mulyanya patuhi perintah orang tua, Aku benar-benar tak mau berada disini. Tempat yang jauh dari ibuku yang penyayang meski kadang cerewetnya minta ampun ,. Dari Bapak yang humoris tapi disiplin. Dan dari jerapah. Hehehe:D jangan salah paham dulu, Jerapah itu panggilan buat adikku. Tingginya 162 cm tapi siapa sangka umurnya masih 12 tahun. Aku rindu kalian.
            Semuanya berawal dari kedatangan Paman Yos ke rumah kami karena urusan pekerjaan. Daripada menginap di hotel, ayah meminta kakaknya itu untuk menginap di rumah kami saja, sekalian silaturrahmi. Seminggu di rumah kami, beliau mungkin telah melihat potensiku dan akhirnya Paman Yos memutuskan membiyayai sekolahku, beliau sendiri yang memilihkan sekolah untukku dan sayangnya Paman memilihkanku sekolah di Luar kota.
“Sayang sekali Rahma jika anak sepertimu hanya sekolah di SMA terfavorit se-Kota, harusnya kamu masuk di SMA terfavorit se- Indonesia dong!”, Kata paman.
---

Seharusnya tempat ini bisa buatku bahagia, bagaimana tidak? Di tempat ini aku tak perlu menegeluarkan receh untuk beli apapun kebutuhanku. Aku hanya perlu terus menjadi murid berpretasi disini dan mematuhi peraturan asrama. Semua telah terpenuhi, kecuali jiwaku.
            Sejak hari pertama masuk sekolah ini, aku merasa semuanya aneh. Mulai dari muridnya yang bergaya ala super model, wajah horor milik kebanyakan guru, dan tempat tertentu yang sepi alias jarang ada siswa. Tapi,Sam. Diantara cowok-cowok dengan wangi yang membuat cewek-cewek lengket dan penampilan yang selalu modis. Badan Sam kurus tinggi dengan kacamatanya yang sampai-sampai sepert tebal pantat botol. Tapi jangan bayangkan dia seperti anak culun. Sorot matanya tajam.
            Tidak kusangka, Sam si Aneh ini ternyata anak jenius. Tak ada nilai pelajarannya berangka 9. Semuanya 10. Perfect! Aku hanya menggeleng-nggelengkan kepala melihat seluruh nilai sempurnanya di papan nilai. Belum lagi tujuh piala yang berhasil diborongnya sebulan ini. Pernah sekali aku melihatnya tersenyum ketika dia bersama Bu Darma. Ia terlihat manis sekali. Saat itulah rasanya waktu berhenti sesaat, hatiku tenang ,tapi jantungku terus berdegup kencang.Dag. . .Dig. . .Dug. . . Perasaan apa ini?
            Tiba-tiba, tanganku lemas. Brok! Buku-buku dalam boponganku jatuh berserakan. Kedua manusia di depanku terkejut dan menatapku. Sam hanya menatapku aneh, memasukan kedua tangan dalam sakunya, lalu berlalu meninggalkanku. Aku tak memedulikannya. Segera kupunguti buku-bukuku. Dengan cekatan, Bu Darma membantuku. Bu Darmalah satu-satunya guru berwajah ramah di sekolahku. Senyuman manis selalu menghiasi wajahnya. Akupun tak kalah manis membalas senyumannya dan berterimakasih.Dengan mengumpulkan segenap keberanianku, kucoba menanyakan sesuatu tentang Sam. Bu Darma hanya tertawa terbahak-bahak. Ah! Ini benar-benar tidak lucu pikirku. Aku malu. Pipiku memerah. Apakah aku salah bertanya?
---
                                                           
            Hari ini aku datang ke sekolah paling awal. Melancarkan misiku duduk bersebelahan dengan bangku Sam.Ya! Mengikuti saran Bu Darma. Menurutnya, Sam sebenarnya anak yang manis dan penolong. Siapa tahu dengan dekat dengannya, nilai-nilaiku yang pahit bisa berubah menjadi manis.
            Bel masuk berdentang berkali-kali. Sam duduk di sebelah bangkuku, sesuai rencanaku. Ku sapa dia dengan senyuman. Tak ada respon. Dia cuek dan malah sibuk dengan jam tangan hasil karyanya.
            Kucoba lirik jam tangannya. Jam tangan yang penuh tombol. Baru kali ini aku melihat jam tangan aneh. Seaneh penemunya. Melihatku, Sam buru-buru menyambunyikan tangan tempat melingkarnya jam aneh itu. Aku segera kembali ke posisi awal. Huh! Menyebalkan! Kini aku tak yakin rencanaku akan berhasil.
            Tiba waktu istirahat. Aku masih penasaran semua tantang Sam. Dia terburu keluar kelas. Aku harus segera membuntutinya. Tiba di taman belakang, Sam menghilang. Aku terus mengitari taman sepi itu, berharap Sam berada dibalik semak-semak tebal.
            “He! Kamu membuntuti aku ya!”, Hardik suara dari atas. Aku terkaget-kaget dan mendongak ke atas. Tampak Sam sedang duduk santai di atas pohon di kelilingi sarang burung. Aku hanya melongo. Bepikir apa yang sedang dilakukannya di atas sana.
            “Hem... Malah melongo!”,tambahnya dengan tersenyum kecut. Dia mencoba menuruni pohon dengan sarang burung di tangan kirinya. Sarang burung itu kini ia letakan di atas semak-semak tebal.
            “Aku disini karena aku percaya tempat ini mengerti perasaanku. Bahkan burung-burung kecil ini. Ketika aku kemari, burung-burung kecil ini yang selalu menghiburku. Mereka bersahut-sahutan bernyanyi untuku.”,aku mencoba menjadi pendengar yang baik. Tanpa kuminta lagi ia telah menceritakan semua tentangnya kepadaku.
            Benar-benar diluar dugaanku. Dia merawat burung-burung kecil ini dengan telaten. Layaknya sorang induk merawat anak-anaknya.”Kasihan burung ini, dia ditinggal orang tuanya mencari makan. Maka dari itu, aku mencoba menghiburnya dengan datang kemari sebagai sesama anak yang sedang kesepian ditinggal induknya.”
            Aku bingung harus merespon apa? Oh Tuhan. . . Aku baru tahu bahwa Sam adalah anak yang kesepian.
            “Kamu tahu? Ini adalah burung gereja. Burung ini juga bisa kok makan beras……”
            Sam terus mengoceh, aku hanya memandanginya. Namun pikiranku bukan tentang apa yang diomelkan Sam. Tapi tentang penderitaan yang Sam alami.
            Sejak kejadian di taman itu, aku menjadi dekat dengan Sam. Karena pangajaranya juga, kini nilaiku terus meningkat. Pelajaran favorit yang diajarkannya padaku adalah fisika. Ia menjelasakan kepadaku dengan energi yang meledak-ledak. Karena memang ia ahli bidang fisika. Terimakasih Sam!
Ia juga menceritakan fungsi tombol-tombol pada jam tangan yang sempat kukatai “aneh”. Ternyata jam tangannya mempunyai banyak fungsi. Diantaranya adalah mendeteksi akan datangnya hujan bahkan merekam suara. Sebenarnya, ia ingin membuat jam tangan yang bisa mengembalikan dia ke masa lalu yang diinginkan. Namun, nampaknya ia belum juga berhasil.
            Sam pernah bercerita, ia ingin sekali kembali ke masa lalunya bersama kakeknya. Merawat bunga-bunga, memberi makan kelinci peliharaannya, bermain tembak-tembakan. ”Mungkin bagimu itu moment-moment yang konyol dan tidak ada artinya. Namun bagiku itu semua sangat berarti bagiku. Namun kini kakekku sedang tersenyum bahagia di surga. Meskipun aku punya  orang tua yang kini menetap di prancis, namun bagiku kakekkulah orang tuaku.” Aku masih teringat kata-katanya. Langsung menusuk jantungku.
Sam, aku selalu berharap suatu hari nanti kau bisa hidup bahagia. Aku tak ingin senyuman kesedihanmu kembali terbit di wajahmu. Kamu adalah orang tegar yang pernah aku temui Sam. Kamu tak pernah menangis, kamu selalu menghadapi kesedihanmu dengan senyuman. Aku percaya Tuhan punya rencana indah yang DIA simpan untuk kamu Sam.
Pagi itu ia memberi makan anak burung gereja yang kini tumbuh dua kali lebih besar dari pertama kali aku melihatnya. Beras dalam tadahan tangannya kini berubah warna menjadi merah. Sam terus tersenyum melihat anak-anak burung gereja yang terbang indah di angkasa. Sementara ia tak sadar darah segar mengalir dari hidungnya. 
Aku memberitahu Sam dia sedang mimisan. Kusodorkan tissue dari sakuku. Sam tertawa ,”Sudah Faras, kamu tidak perlu khawatir berlebihan gitu dong! Ini kan Cuma mimisan biasa.”. Aku tetap tidak percaya dengan omongan Sam, wajahnya lemas tak bertenaga. Matanya sayu, ia pusing dan mulai memegang kepalanya. Firasatku buruk.
Brok! Manusia kokoh itu kini jatuh tersungkur tak berdaya di tanah. Bunga-bunga seperti layu, daun-daun berjatuhan, dan langit meneteskan air matanya. Aku berteriak histeris meminta tolong. Badan Sam kugoncang-goncangkan berharap dia akan terbangun. Air mata ini tak kuasa kubendung. Aku menangis terisak-isak. Tak lama datang bantuan dari teman-teman.
---
Kupandangi dia dibalik kaca ruang ICU. Sam terlihat lemah tak berdaya dengan infus di pergelangan tanganya dan alat bantu pernafasan udara. Sam, penderitaan apa lagi yang menimpa manusia tak berdosa seperti dirimu? Ya Tuhan, jika kau perkenankan. Gantikan aku yang berbaring diatas sana. Tak tega kumelihat sahabatku yang hidupnya penuh penderitaan kini sedang kesakitan.
Selang satu minggu Sam masih di rawat di rumah sakit. Ia masih belum tersadar dari komanya. Kini aku yang menggantikan Sam merawat burung gereja yang sedih ditinggal sahabatnya.
Tiba-tiba, Bu Darma menghampiriku menyampaikan berita bahagia.”Sam sudah sadar!Dia ingin bertemu kamu.”. Tanpa basa-basi lagi Bu Darma menggandengku menuju rumah sakit. Terimakasih Tuhan! Telah engkau sadarkan sahabatku dari komanya.
Tiba di rumah sakit, kulihat Sam masih memakai alat bantu pernafasanya. Aku segera berlari dengan berurai air mata bahagia mendatanginya. Senyuman manis itu kembali terbit di wajahnya. Ku ungkapkan segala rasa bahagiaku melihatnya kembali membuka mata. Sam melebarkan senyumnya
.”Fa..ras..ka..ka..mu..ja..ngan..ce..pat..menye..rah..ya”,katanya sambil menyodorkan surat untuku. Aku mengiyakan dan berjanji tidak akan cepat menyerah.
Tiiiiiiiittt…..
 Tiba-tiba suara pendeteksi detak jantungnya berbunyi horor. Darahku memanas, tak percaya Dia kini pergi meninggalkan aku. Aku menangis terisak –isak, mataku berkunang-kunang. Aku lemas dan tak sadarkan diri.
                                                            ---
Kuperhatikan seluruh isi ruangan ini. Tampak seorang berwajah keibuan sedang mengelus dahiku. Dia tersenyum melihatku terbangun dari tidurku. Dia, Bu Darma! Ia menyodorkan surat yang pernah disampaikan oleh sahabatku. Aku baru teringat, surat itu belum kubaca. Ku buka perlahan-lahan surat dari Sam.
Hei faras!kamu sedang apa sekarang?
Hei!jangan lupa kasih makan burung gerejanya ya!
Kamu tahu tidak? Aku kemarin bermimpi bertemu kakekku. Aku bahagiaaa sekali!
Kini kebahagiaanku telah datang. Terimakasih ya telah menjadi sahabatku yang selalu setia!
Jangan pernah menyerah ya!Hidup ini indah bila senyuman selalu menghiasi wajahmu.
Semangat ya Faras!Aku ingin melihatmu nanti menjadi wanita luar biasa…
Kelak..dari surga..

Kututup surat Sam. Samudra yang begitu luas, yang mampu menerima segala derita.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent

Recent Posts

Total Pengunjung

Kritik dn Saran

Nama

Email *

Pesan *