UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Senin, 13 September 2021

KISAHKU MENGINSPIRASIMU ( JANGAN MAU MIMPIMU DI KIKIS OLEH KEGAGALAN )


 

Anjani


Sebut saja namaku Anjani. Aku berasal dari sebuah daerah terpencil dan bersekolah di sebuah madrasah aliyah negeri di Jawa Timur. Saat aku duduk di bangku Aliyah, aku sudah bercita-cita ingin berkuliah. Namun, apalah daya , orang tua ku hanya lah seorang pencari kroto dan buruh tani. Akhirnya ketika aku duduk di bangku kelas 3 Aliyah semester 1, aku sudah mulai mencari informasi mengenai beasiswa-beasiswa di perguruan tinggi. Aku masih ingat, saat itu adalah bulan oktober dimana aku mengetahui adanya beasiswa OSC Medcom.id, yaitu sebuah beasiswa untuk berkuliah di 10 mitra perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Seperti Universitas Trisakti, Universitas 17 Agustus  dll. Saat itu, aku mendaftar beasiswa tersebut, dan memilih Universitas Trisakti sebagai tujuan kampus yang aku pilih. Namun, sayang sekali aku masih belum berhasil menjadi penerima beasiswa di kampus tersebut.

Kemudian aku mencari informasi beasiswa lagi, akhirnya aku menemukan beasiswa dari politeknik manufaktur Astra. Tidak piker panjang, aku langsung saja mendaftar beasiswa tersebut. Namun, sayangnya ketika seleksi dilakasanakan, aku malah jatuh sakit dan aku gagal untuk mengikuti beasiswa tersebut. Setelah itu, aku terus berusaha untuk mendaftar kuliah dengan beasiswa KIP kuliah.

Mulai dari jalur SNMPTN, kemudian PMDK-PN, SPAN-PTKIN, SBMPTN, SBMPN Politeknik, Mandiri Undip KIP kuliah, Mandiri Unnes Kip kuliah, Mandiri Upn Veteran Surabaya Kip K, SIMAK UI Kip K, dan akhirnya barulah aku ketrima di jalur yang ke 11, yakni UMPTKIN-KIP K dan diterima di Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan prodi Ilmu Al qur’an dan Tafsir.

Sebenarnya, aku sangat mengharap bisa masuk di jurusan tekhnik, akan tetapi saat itu jalur yang tersisa adalah jalur UMPTKIN, sehingga aku mengambil prodi ilmu al qur’an dan Tafsir. Dan Alhamdulillah di terima. Yang perlu kita ambil hikmahnya adalah tetap lah berusaha walaupun kita sering mendapatkan kegagalan, yakinlah aka nada satu waktu di mana kamu mendapatkan jalan keberhasilan, walaupun mungkin jalan terhadap keberhasilan tersebut bukanlah hal yang kamu harapkan. Karena manusia bisa berencana, tetapi Allah lah penentunya. Dan terkadang apa yang kita inginkan belumt tentu yang terbaik untuk kita.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent

Recent Posts

Total Pengunjung

Kritik dn Saran

Nama

Email *

Pesan *