UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Minggu, 17 September 2017

Character Building: TA’ARUF MAHASISWA BIDIKMISI 2017



TA’ARUF MAHASISWA BIDIKMISI 2017
Character Building


AMBISI- Dalam rangka penyambutan mahasiswa baru bidikmisi, KBMB (Keluarga Mahasiswa Bidikmisi) menyelenggarakan kegiatan TMB (Ta’aruf Mahasiswa Bidikmisi). kegiatan yang dilaksanakan sejak Sabtu (16/9) ini menghadirkan salah satu Staff Bank BRI untuk mengisi materi bertajuk Character Building. Antusias peserta begitu tampak sejak pagi sebelum acara berlangsung. Agus Prasetya, selaku pemateri menyampaikan bahwa dalam mendidik terdapat dua penguatan yakni penguatan agama dan ekonomi. Hal ini di latar belakangi dengan kehidupan saat ini yang bersifat indifidualisme, materialis dan kompetitif yang ditunjang dengan kemajuan teknologi.
Dalam dunia perkuliahan terdapat tologi perguruan tinggi yang disebut “Tri Darma Perguruan Tinggi” yang isinya kritikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian terhadap masyarakat. Dalam penerapnya seorang akademikisi diharapkan mampu bertanggungjawab. Sebagai mahasiswa bidikmisi sudah sepantasnya untuk dapat mengemban amanah dengan baik dan bertanggungjawab. Terdapat beberapa kunci untuk dapat bertanggungjawab diantaranya: menjadi diri sendiri, menjadi bagian anggota keluarga, menjadi bagian dari profesi, dan menjadi bagian dari masyarakat. Sehingga, masing-masing bagian ini arus diciptakan dengan baik. Pak Agus mengutarakan, “Apapun yang dilakukan menjadi tanggung jawab kalian. Tugas kalian kuliah dengan biaya bidikmisi” ujarnya.
Pemateri yang merupakan seorang praktisi manajemen memberikan beberapa tips kepada para mahasiswa bidikmisi dalam meraih prestasi, diantaranya sebagai berikut:
            1.      Pastikan jadwal kegiatan, jangan biasakan untuk terlambat.
            2.      Disiplin waktu.
            3.      Menetapkan tujuan real.
            4.      Gunakan waktu yang efektif.
            5.      Outbond (untuk peningkatan cita-cita).
            6.      Respondship (menjalin komunikasi).
            7.      Ambil aktifitas akademik yang sesuai bakat.
Beliau juga berpesan agar fungsi dari mahasiswa bidikmisi itu tercapai maka ketika mendapat jatah 4 tahun dalam masa studi, maka gunakan dengan maksimal, bangga dengan menjadi salah satu mahasiswa UIN Maliki Malang, bertanggungjawab atas amanah yang telah diberikan kampus dan orangtua, serta berupaya untuk tidak terpengaruh euphoria, baik berupa hiburan dan tidak mengikuti banyak kegiatan organisasi. Diakhir materi beliau memberikan pedoman kuliah tang disamakan dengan bekerja yakni bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja iklas yang dilakukan secara kontiyu. Dengan pembekalan materi character Building harapannya mahasiswa bidikmisi UIN Malang mampu untuk menjadi mahsiswa yang bertanggungjawab. (Khr/Fah)





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent

Recent Posts

Total Pengunjung

Kritik dn Saran

Nama

Email *

Pesan *