UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Selasa, 26 September 2017

Diskusi, Ajang Mengisi Wawasan dan Motivasi Mahasiswa Bidikmisi


Diskusi, Ajang Mengisi Wawasan dan Motivasi Mahasiswa Bidikmisi


 Berbicara tentang solusi dan masalah, nampaknya diskusi menjadi pilihan tepat bagi mahasiswa,seperti yang telah dilakukan oleh mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Bidikmisi(KBMB) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan diskusi atau yang biasa disebut Focus Grup Discussion(FGD) merupakan salah satu program kerja dari Departemen intelektual KBMB untuk mengisi kekosongan informasi sekaligus merekatkan hubungan antar anggotanya. Kegiatan ini dilakukan setiap satu minggu sekali dengan tema yang berbeda sesuai dengan Fakultas masing-masing dengan mengangkat isu dan fenomena yang tengah booming pada saatnya.
Kali ini giliran FGD fakultas Psikologi. Dengan tema bertajuk “Revolusi Gadget Mematikan Karakter Sosialis Manusia”, diskusi yang berlangsung pada hari Senin(25/09/2017) berlangsung renyah dengan Teguh Nugroho( Mahasiswa Psikologi KBMB angkatan 2014) dan Founder Kwikku.com(Media sosial lokal ), yakni  Ifa Alif K(Alumni  KBMB angkatan 2011) sebagai pemantik diskusinya. Sekitar 58 mahasiswa bidikmisi pun hadir dengan pertanyaan dan gagasan yang mereka ajukan dalam diskusi yang dimulai pada pukul 20.00 WIB.
Dalam diskusi ini, Teguh memaparkan tentang bagaimana gadget  mempengaruhi psikologis dan kejiwaan manusia serta dampak penyalahan gadget terhadap kehidupan manusia. Berbeda dengan Teguh, dalam diskusi ini, Alif lebih bercerita tentang pengalamannya dalam menggagas hingga kemudian menciptakan sebuah media sosial lokal bernama kwikku.com. Berkat hasil kerja keras nya beserta tim, Pemuda asal Pare- Kediri ini akhirnya berhasil meraih medali perunggu dalam sebuah kejuaraan nasional hingga akhirnya mengantarkannya meraih beasiswa LPDP Master Teknologi Informasi UI. Hingga saat ini, Alif aktif diundang untuk mengisi seminar dan workshop di berbagai kampus diseluruh Indonesia.  Kesuksesan yang kini ia raup bukanlah tanpa usaha dan kerja keras,pasalnya ia tengah mengalami jatuh bangun ketika awal ia mulai mengenalkan kwikku kepada khalayak. Meskipun banyak yang meragukan karyanya terebut,ia tak gentar untuk terus berjalan kedepan."Sukses itu adalah ketika kita tidak menyerah". Kalimat motivasi yang menggelitik dan inspiratif itulah yang akhirnya mengantarkan Alif pada pencapaiannya saat ini.
Motivasi awal menggagas kwikku sebenarnya berasal dari idealisme yang tertanam dalam diri Alif yang menyatakan bahwa Indonesia saat ini sedang terjajah oleh negera lain,khususnya di bidang teknologi. Hal itulah yang kemudian menggerakkannya untuk melahirkan sebuah karya yang ia beri nama kwikku.com. Ia menambahkan bahwa kiprahnya berkarya bukanlah untuk menjadi kaya, namun bagaimana ia bisa menambah semangat untuk terus berkarya dan berswadaya untuk para pemuda adalah tujuan utamanya. “Okelah sekarang kita belum menang, tapi semangat untuk terus berswadaya itu harus tetap terjaga. Jadilah generasi yang lebih baik”. Ujarnya mengakhiri diskusi.

Tak hanya berbicara tentang masalah dan solusi, diskusi yang berakhir sekitar pukul 22.00 WIB menjadi penuh kesan dengan pengalaman dan motivasi dari para pemantik, ditambah dengan beragamnya argumen dan gagasan dari para peserta diskusi yang semakin menambah hidupnya diskusi kali ini.(mon) 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

recent

Recent Posts

Total Pengunjung

Kritik dn Saran

Nama

Email *

Pesan *